Tags

Shalat Menstabilkan Jiwa

Gambar

 

 

 

 

Shalat Menstabilkan Jiwa

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah… Kita diciptakan oleh Allah memiliki beragam karakter . Terkadang baik namun di sisi lain terkadang tidak baik salah satunya kurang merasa

puas dengan keadaan. Di kala panas terik dirasakan sebagai masalah karena tak nyaman… Namun di kala hujan juga dipandang sebagai masalah karena menghambat aktifitas…

Di kala sakit di anggap sebagai masalah besar hingga mengeluh tiada henti…

Namun di kala sehatpun jarang disyukuri dan apapun yang dirasa tak sesuai dengan apa yang diinginkan sering dikeluhkan…

Itulah salah satu sifat yang melekat pada diri kita… Mengeluh dan merasa kurang puas dengan apa yang ada….

Saudaraku…untuk mengurangi keluhan kita pada keadaan, salah satunya adalah menanamkan kesadaran bahwa semua yang Allah anugerahkan pada kita adalah nikmat. Sehingga tumbuhlah kesadaran untuk mensyukuri atas segala anugerah-Nya.

Sesungguhnya Allah sekali- kali tidaklah berbuat dzalim kepada makhluk-Nya. Kalaupun ada kesulitan itu adalah ujian dari Allah yang dihadirkan untuk memperbaiki kualitas diri kita….

Saudaraku, ibadah shalat merupakan sarana untuk membuat kita menghargai nikmat Allah . Hal demikian karena shalat mengingatkan kita pada keagungan Allah, pada kasih sayang-Nya dan pada balasan amal yang kelak dicurahkan pada kita…

Selain itu, shalat dapat meningkatkan kepekaan hati hingga hati nurani yang jernih dapat kita miliki yang pada akhirnya kitapun mampu memandang segala persoalan dunia dengan lebih bijaksana bukan hanya dari sisi negatifnya….

” Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya.”( QS. Al-Ma’arij :19-23).

Saudaraku, shalat dapat menjadikan jiwa kita stabil, menjauhkan sifat kikir dan keluh kesah. Sehingga kita mampu berpikir positif pada segala kondisi dan tidak mudah mengeluh dengan apa yang terjadi….